Baiklah untuk pembahasan kali ini kita membahas tentang pengenalan Dasar Unity 3D.
apa itu Unity 3D...???
Unity 3D adalah sebuah game engine yang berbasis
cross-platform. Unity dapat digunakan untuk membuat sebuah game yang bisa
digunakan pada perangkat komputer, ponsel pintar Android, iPhone, PS3, dan
bahkan X-BOX.
Unity adalah sebuah sebuah tool yang terintegrasi untuk membuat game, arsitektur bangunan dan simulasi. Unity bisa untuk games PC dan games Online. Untuk games Online diperlukan sebuah plugin, yaitu Unity Web Player, sama halnya dengan Flash Player pada Browser
Unity tidak dirancang untuk proses desain atau modelling, dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Jika ingin mendesain, pergunakan 3D editor lain seperti 3dsmax atau Blender. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan unity, ada fitur audio reverb zone, particle effect, dan Sky Box untuk menambahkan langit.
Bagaimana Keren kan atau kamu minat menjadi GAme DEveloper.
Buruan download aplikasinya.Linknya ada d bawah.
Tunggu saja Tutorial yang akan saya buatkan untuk kalian, Tentang
Pengenalan Dasar-dasar Aplikasi Unity 3D.
Pembuatan Project Awal pada Unity 3D
Penambahan Terrain
Unity adalah sebuah sebuah tool yang terintegrasi untuk membuat game, arsitektur bangunan dan simulasi. Unity bisa untuk games PC dan games Online. Untuk games Online diperlukan sebuah plugin, yaitu Unity Web Player, sama halnya dengan Flash Player pada Browser
Unity tidak dirancang untuk proses desain atau modelling, dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Jika ingin mendesain, pergunakan 3D editor lain seperti 3dsmax atau Blender. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan unity, ada fitur audio reverb zone, particle effect, dan Sky Box untuk menambahkan langit.
- Scane
Scne merupakan wadah yang menampung GameObject atau
semua hal yang kita butuhkan. Satu Scene dapat dipandang sebagai satu level
atau satu screen/tampilan dari sebuah object.
- Main Camera
- Directional Light
Bagaimana Keren kan atau kamu minat menjadi GAme DEveloper.
Buruan download aplikasinya.Linknya ada d bawah.
Tunggu saja Tutorial yang akan saya buatkan untuk kalian, Tentang
Pengenalan Dasar-dasar Aplikasi Unity 3D.
Pembuatan Project Awal pada Unity 3D
- Buatlah Project 3D baru di Unity, dan berinama untuk project tersebut.
- Salah satu ciri dari tampilan project Unity 3D adalah gizmo 3D penunjuk axis X,Y,Z yang aktif di pojok kanan atas pada Scenee Game.
- Pada Hierarchy Windows, terdapat objek default project 3D yaitu Scene, Main Camera dan Directional Light.
- Scane Scane merupakan wadah yang menampung GameObject atau semua hal yang kita butuhkan. Satu Scene dapat dipandang sebagai satu level atau satu screen/tampilan dari sebuah object.
- Main Canera adalah Camera utama yang akan menentukan angel/sudut objek game yang akan ditampilkan ke game windows yang diambil dari scene game.
- Directional Light Sebuah objek lighting yang dapat mengatur kecerahan objek yang terdapat pada scene game.
Penambahan Terrain
- Bukalah aplikasi Unity 3D dan buatlah document awal (untuk yg belum tau cara membuat Document awalnya bisah di lihat pada tutorial sebelumnya yang saya posting).
- Buatlah sebuah Trrain / Tanah pada game, dengan cara klik "Game Object" pada menu bar, pilih "3D Object" lalu pilih Terrain.
- Maka akan tampil Objct Terrain
- Kita bisa mengubah ukuran Terrain pada Tab Inspector, pada Terrain Settings seperti gambar Gear, dibagian "Resolution" Ubah (Terrain Width : 500 | Terrain Length : 500.
- Di Object Terrain, kita juga bia mengubah/membuat kontur tanah seperti pegunungan dengan cara. klik pada Raise / Lower Terrain pilih "Brushes", dan ubah Brush Size dan Opacity Seperti digambar. Dan lakukan arsiran/drag pada objek terrain.
ex: # Raise /Lower Terrain : Untuk membuat Terrain menjadi timbul secara tidak rata.
# Brush Size : Ukuran Brush. # Opacity : Ketebalan Brush.
- Maka akan terlihat seperti gambar dibawah, jangan lupa kreasikan juga dengan gabungan dari beberapa brush
- Lalu klik pada "Smoot Height" dan sesuaikan, lalu arsirlah Terrain agar terlihat halus.
ex: # Smoot Height : Berfungsi untuk meratakan Brush
yang tidak beraturan.
- Kita juga dapat menambahkan objek 3d yang lainnya ke terrain, contoh disini akan menambahkan objek 3D capsule, yaitu dengan cara:
- pilih menu Game Object 3d > Objectà Capsule.
- Atur Main Camera, agar pas posisinya untuk melihat objek capsule.
Penambahan Asset Package Environment.
Baiklah kita langsung saja pada tutorialnya:
- Bukalah aplikasi Unity 3D dan buatlah document awal (untuk yg belum tau cara membuat Document awalnya dan Terrain, bisa di lihat pada tutorial sebelumnya yang saya posting).
- Selanjutnya kita akan menambahkan asset package dari unity untuk menambahkan efek detail pada objek terrain.
- Untuk menambahlan asset Environment, pilih menu Asset à Import Package à Environment.
Link download :
Unity 3D 64bit with Crack GoogleDrive
Untuk Tutorial Cara Instalnya ini
visit linknya broo YouTube
Terima kasih.